Belajar Kelompok



Ngaku deh, yang namanya studi kelompok udah jarang kamu lakuin. Tul kan?? Padahal kalo’ dibiasakan, manfaatnya bisa seabrek lho.


Sore ini, Ririn ada ‘planning’ belajar bareng Amel en Dian. Jadi semangat nih, soalnya pasti banyak hal yang didapat. “Aku paling seneng belajar bareng ama mereka. Selain jadi semangat soalnya ada temen, kita tuh bisa saling mengisi. Mereka sering ngajarin waktu aku gak tau, sebaliknya tak jarang aku berbagi kalo’ lebih tahu dari mereka. Seru kan?” celoteh cewek manis 2 SMA ini.



Nah, itu salah satu keuntungan dari belajar kelompok. Meski begitu, nggak mungkir deh, sekarang belajar kelompok kayaknya udah jarang banget dilakuin. Kenapa?
Farida Widyastuti MPSi berpendapat kalo remaja sekarang lebih milih waktu studinya bareng Lembaga Bimbingan Belajar alias LBB.
“Kalo untuk gaul mungkin masih sering jalan bareng, ya. Tapi, untuk belajar bersama, saya pikir jarang, kecuali memang terpaksa, seperti bila ada tugas sekolah,” jelasnya. Lebih jauh psikolog ini bertutur, memang sih cara anak untuk memahami pelajaran berbeda-beda. Ada yang malah‘sreg’ belajar sendiri. Tapi, nggak ada salahnya kamu lihat apa aja efektivitas studi kelompok itu.


PEMAHAMAN MATERI


Seperti yang udah dijelasin, tiap anak punya cara belajar yang berbeda. Buat kamu, pasti ada yang cepet bosen en malah gak ‘ngeh’ kalo belajar sendiri.



Nah, dengan studi bareng temen-temen kamu bisa deh mendaulat mereka buat nerangin hal yang belum kamu ngerti.“Karena kadang ada anak yang lebih cepat paham dengan cara mendengarkan dari orang lain,” tutur Farida. Selain itu, masalah bosen en ngantuk bisa agak diatasi deh. Masih tanya, kenapa??


SALING MENGISI


Poin kedua, kamu bisa saling mengisi kekurangan dan kelebihan pemahaman terhadap materi. Buat yang nggak tahu, bisa deh konsultasi gratis ama temen. Trus, buat yang lebih tahu, bisa tuh ngajari en sekalian ngelancarin komunikasi kamu. Jadinya saling menguntungkan. Ya kan??!


AWAS NGERUMPI!


Ternyata ada beberapa poin lho, yang bikin belajar bareng tuh jadi kurang efektif. Farida kembali menjelaskan, salah satunya yaitu akan terjadi gap antara anak yang kurang tahu en mereka yag menguasai materi. Apalagi kalo kelompok itu dibentuk karena tugas sekolah atau semacamnya. Pasti ada deh yang namanya tidak ‘sehati’ antartemen.
“Kalau sudah begitu ujung-ujungnya pasti tidak sehat. Ada yang ribut ngerjain. Trus, yang ngerasa gak diperhatiin, bakal ngerjakan hal di luar tugas, misalnya ngemil,” jelas wanita yang akrab dipanggil Ida ini.


Eh, tapi biar ‘sehati’ pun nggak menjamin belajar kelompok jadi efektif lho. Di antara kamu, pasti juga pernah ngalami, waktu belajar keasyikan ngobrol, malah jadi kelupaan ama belajarnya. Ati-ati deh. Yang penting niat sungguh-sungguh en komitmen buat maju bareng lewat studi kelompok. Ok?! (fie)


Tidak ada komentar:

Write a Comment

Terima kasih untuk membaca artkel ini. SIlakan berikan saran untuk perbaikan.
- Terima kasih.


Top